WARUNG KOPI SAWAH

Pernahkah anda membayangkan bagaimana nikmatnya Ngopi dan dipadukan Kuliner khas Tempo dulu dengan Nuansa Pedesaan ?.

Apalagi anda yang biasa berada di perkotaan, tentu merindukan masakan kampung halaman yang khas dari Ranah Minang bukan?.

Kini anda tidak perlu jauh jauh lagi, di Kota Solok Sumatera Barat, sudah ada suatu tempat wisata kuliner yang dapat memenuhi selera anda, Warung Kopi Sawah - "WKS".

Reporter kami, Oky Adhadi mendapat kesempatan mencicipi kenikmatan suasana alam, kesegaran masakan khas daerah ini, ditambah hangatnya Kopi berkualitas, diantara sejuknya persawahan yang asri.

Berawal dari Ide Sedehana

Ide awal dibuatnya WKS ini berangkat dari keinginan untuk membuat sebuah objek wisata dengan Konsep Kuliner dan kenangan.

Dimana sebagai pecinta Kopi dan Kuliner "Diki" ( panggilan akrab) melihat kekhasan Kuliner Nusantara khas Minang, apabila dipadukan dengan Kopi Solok, sebenarnya merupakan paduan Kuliner yang sangat menarik untuk dikembangkan dengan Konsep Tourism.

Apalagi Kota Solok yang saat ini sedang berupaya memajukan sektor wisata sebagai sector baru dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Awal ide bisnis ini dikembangkan memang ada kegamangan bagi Diki, karena Pasca lesunya ekonomi masyarakat dampak dari mewabahnya Covid-19 di Dunia pada bulan Maret, pilihan membuka usaha kuliner tentu memiliki resiko sangat tinggi.

Potensi rugi selalu menghantui. Namun kreativitas dan inovasi menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha. Prinsip yang dipegang adalah Optimis dan Sabar.


Keyakinan ini sudah dibuktikan oleh Diki dengan Membuka Objek Wisata Taman Kitiran yang viral di tahun 2019.

Dia menambahkan, dengan usaha yang dirintisnya itu, ia bisa melihat senyum dari Petani yang dagangannya sempat anjlok akibat terdampak Pandemi. Ia berharap keadaan kembali normal sehingga ekonomi Petani kembali bergairah.

“Banyak adik-adik kita, anak Petani yang bakal menyambung pendidikan tapi akibat pandemi ekonomi keluarga mereka lesu, dengan begini (adanya Warung Kopi Sawah,-red) kami bisa bantu mereka, kami beli hasil bumi mereka dan uangnya bisa digunakan buat biaya hidup mereka, bagi kami senyum mereka membawa semangat tersendiri dalam membangun usaha ini,”ungkap dia.

Konsep ini sederhana tapi inovatif

WKS menawarkan konsep warung Makan dengan Konsep baru. Tren Ngopi di Coffee Shop yang sudah menjadi Life style di kalangan Anak Muda Kota Solok dilihat menjadi peluang ide bisnis ini.

Solok dikenal memiliki Bahan baku Kopi Terbaik seperti Robusta Kopi Payo, Robusta Kopi Solok dan Solok Rajo yang sudah dikenal di pangsa pasar nasional.

Di WKS Memadukan Konsep Ngopi disajikan dengan Cangkir klasik (Kanso) metode Tubruk. Bahan Kopi dipilih harus yang asli dengan kualitas terbaik. Makanan disajikan dengan menu Citarasa alami.

Pemasaran pun dilakukan dengan online dan offline.

Natural dan Nyaman

Warung Kopi Sawah menyediakan fasilitas yang beragam seperti Tempat Makan Alami di Tepi Sawah, Ruang Makan di Saung Bambu, VIP di Homestay Taman Kitiran dan Meja makan unik khas Taman Kitiran.

Selain itu WKS juga menyediakan Fasilitas Mancing Ikan, Camping dan Panahan, Meeting Room dan Homestay dengan 2 kamar tidur.


Selain fasilitas itu, pengunjung kami juga tidak perlu merisaukan tempat Ibadah karena di WKS sudah tersedia Mushola, tempat wudhu’ dan toilet dengan air yang higienis dan menyiapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Wisata Kuliner Minang

Saat ini WKS sudah berhasil membuka lapangan pekerjaan baru bagi anak muda di Kota Solok dan menjadi usaha kuliner terfavorit di kalangan ASN, pegawai BUMN dan swasta walau di usia yang relative muda. Kedepan Diki menargetkan Pangsa pasar Milenial sebagai Konsumen utama. Karena potensi generasi Z ini sangat profitable. Penggunaan Media Sosial dan Influencer terus dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Fasilitas Wi-fi mutlak harus disediakan. Koneksi yang ada terus dimanfaatkan


Sajian yang ada di Warung Kopi Sawah di Kota Solok ini juga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh sepulang dari perjalanan dari Kota berjuluk “Serambi Madinah” itu. Bagi anda yang jauh di Kota Lain, bisa melalui pemesanan dalam jumlah kecil dan besar dengan menghubungi Warung Kopi Sawah di Nomor 081374144101. Penasaran dengan sensasi masakan yang disediakan Warung Kopi Sawah di Solok, ayo kunjungi segera. Bagi anda yang berada diluar daerah, bisa pesan sekarang.



Datang dan Nikmati

Jika anda datang dihari libur, anda akan melihat banyak orang dari berbagai daerah mencicipi jajanan khas pedesaan ditengah Kota kecil itu, sebab selain menyediakan makanan, Warung Kopi Sawah juga berada persis di Taman Kitiran yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Dan berada persis di pinggir jalan raya, tak jauh dari Pusat Kota

Nikmati Sejuknya Persawahan

Warung Kopi Sawah terletak tidak di Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok, sekitar 1,5 KM dari Terminal menuju Laing.

Di sini, anda bakal menemukan sajian khas daerah Solok seperti Lamang, Kue Talam, Lapek Bugih, Kacimuih, Wajik dan aneka Kopi serta Makan dengan Menu Utama Khas Sambal Kampung. Semua itu dapat anda nikmati sambil menikmati sejuk dan hijaunya Alam persawahan.

Kunjungi WKS

Jl. Batu Laweh Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.


Pemesanan ( Delivery order) di 081374144101,

IG : Taman.Kitiran.QTC / Dikiasnur.



Terakhir tujuan Utama yang hendak kami capai adalah Menjadikan Kota Solok sebagai Kota Wisata Kuliner Minang yang berkelas,” papar Diki dengan senyum ramah.


laporan : Oky Adhadi